Foto dok. Pijarlara

Tahun ini grup pendatang baru asal Lebak, Pijarlara, mengawali karir musiknya lewat perilisan single debut. Single berjudul “Suar” meluncur di kanal YouTube hari Kamis (31/1) lalu.

Grup yang digawangi Ilham (Vokal), Adis (Gitar/Vokal), Irhan (Gitar), Igin (Gitar), Samuel (Bass) dan Rizky (Drum), sepakat mengusung genre musik folk rock/pop dalam haluan musiknya. Dan “Suar” adalah karya perdana mereka dengan tema alam yang merepresentasikan tanda akan terbitnya cahaya.

“”Suar” bagi kami sebagai cahaya yang benderang untuk semua aspek kehidupan di bumi. Dan “Suar” adalah tanda sebagai karya awal kita untuk ikut meramaikan ranah musik indie di Banten,” ujar Ilham.

Pijarlara – “Suar”

Pijarlara turut berpesan jika kehidupan dimulai dengan suatu perjuangan. “Kami ingin mengatakan bahwa jadikan awal kehidupan sebagai penanda bahwa hidup itu penuh perjuangan dalam hal apa pun untuk menggapai semua yang akan dicapai,” lanjutnya.

“Suar” sendiri dikerjakan selama 5 bulan, dimulai dari pembuatan lirik, aransemen, hingga rekaman di studio Stromp Records. Penggarapannya dibantu oleh Resha (Momonon) meliputi mixing dan mastering. Sebagai karya perdana, Pijarlara banyak dipengaruhi kombinasi musik folk, rock dan pop mulai dari Sigur Ros, I’m Barcelona, Coldplay, Angsa dan Serigala hingga Efek Rumah Kaca.

“Background bermusik kami rata-rata berbeda. Misalnya gua dan Adis lebih suka dengerin musik Sigur Ros, Coldplay, Efek Rumah Kaca, dan Figura Renata. Sedangkan Samuel dia lebih suka sama lagu-lagu rock klasik seperti The Beatles, Pink Floyd, Panbers, dan Koesplus. Tapi itu justru memperkaya khasanah musik Pijarlara,” tutur Ilham.

Satu benang merah yang bisa dipetik dari selera musik yang berbeda itu adalah kesederhanaan. Mereka menilai musik yang dimainkan oleh musisi idolanya itu sederhana dan jujur. Hal itu lah yang menyatukan semangat, visi, misi, dan energi mereka dalam membentuk Pijarlara.

Selanjutnya, grup ini akan memasuki jenjang yang lebih serius dengan memantapkan materi dan menyelesaikan sebuah album EP yang direncanakan rilis pertengahan tahun. Semoga. (Af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here