Poster "Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan".

Selama sepekan, jagat musik Tanah Air ramai berbincang soal Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan yang diajukan Komisi X DPR RI. Singkat cerita, RUU ini memiliki potensi untuk membatasi kreativitas serta banyak mengandung pasal karet yang banyak merugikan musisi.

Anda bisa mengunduh draf RUU Permusikan disini.

Berbagai musisi ikut berkomentar diantaranya Cholil Mahmud (Efek Rumah Kaca), Arian13 (Seringai), Danilla Riyadi, Jason Ranti dan masih banyak lagi. Intinya, banyak musisi dari berbagai kalangan sangat keberatan apabila RUU ini disahkan.

Lewat Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan, lebih dari 200 musisi, jurnalis musik, produser, komunitas, hingga praktisi pendidikan, bersama-sama membuat pernyataan sikap yang menegaskan jika RUU tersebut banyak memiliki masalah mulai dari pasal yang tumpang tindih dengan Undang-Undang yang sudah ada, membatasi dan menghambat dukungan perkembangan proses kreasi dan justru merepresi para pekerja musik, dan masih banyak yang lainnya.

Anda bisa mengunduh “Pernyataan Sikap Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan” disini.

Selain membuat pernyataan, musisi Danilla Riyadi juga membuat petisi yang ditujukan kepada DPR RI untuk menggalang dukungan menggagalkan RUU Permusikan. Hingga berita ini ditulis, sudah ada sekitar 41.040 orang yang menandatangani petisi dari 50.000 tanda tangan yang dibutuhkan. Sila tandatangani petisi Tolak RUU Permusikan. (Af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here