HILLS – SZN

Awal dari Rangkaian Episode Rilisan

0
67

Apabila kalian bosan mendengarkan musik bernuansa elektronik/hip hop dari musisi-musisi mayor, kini saatnya kalian coba mendengar karya dari ranah musik lokal. Yang satu ini datang dari kolektif musik asal Semarang, HILLS. Proyek ini didirikan oleh Tiad Hilm sebagai artis hip hop dan Luthfi Adianto (Cosmicburp) sebagai produser rekaman sekaligus rapper. HILLS kini juga diisi oleh beberapa nama penyanyi yakni Moe Hummid, Kanina Ramaniya, Sade Susanto dan Abi yang juga merangkap disc jokey.

Baru-baru ini, HILLS muncul lewat debut single yang diberi judul, “SZN”. Bercerita mengenai krisis eksistensi yang sedikit banyak dialami orang-orang, setiap anggota HILLS berusaha menyampaikan pertanyaan yang kerap muncul di benak mereka, sesuai apa yang mereka hadapi dalam perspektif mereka masing-masing. Mulai dari segi teologi hingga sesederhana pertanyaan, “Hari ini makan apa?”. Semua emosi yang disampaikan di lagu ini datang dari bentuk yang paling murni dan paling ‘telanjang’, menjelaskan the tip of the iceberg and what’s beneath.

Proses produksi mulai dari pembuatan beat hingga rampung dimulai sejak bulan Februari sampai Agustus di Lofos Studio. Seperti judulnya, “SZN” (slang words: season) merupakan rangkaian awal dari episode-episode yang akan menjawab beragam pertanyaan yang muncul di lagu tersebut. Rangkaian episode nanti akan disampaikan oleh masing-masing anggota HILLS yang terlibat pada lagu “SZN” dalam bentuk album.

baca juga: Foolish Commander Rilis Single Debut, “Paranoia”

Jimi Hendrix, Kanye West, J. Dilla, hingga Hetty Koes Endang adalah nama-nama yang punya pengaruh besar bagi HILLS dalam menciptakan musik. Dengan agregasi dari berbagai macam referensi, HILLS punya keinginan besar untuk membuat karakter suaranya sendiri dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Sementara itu single “SZN” sudah dapat dinikmati lewat berbagai kanal musik digital. “SZN” juga dirilis dalam format video yang diunggah pada tanggal 31 Agustus 2018 kemarin di kanal YouTube mereka. Konsep dari video musik “SZN” diarahkan oleh Kanina Ramaniya dan direkam oleh Achmad Habibie. Videografer lokal, Kukuh Rizky Nugroho pun turut dilibatkan sebagai editor dalam proyek musik tersebut. Proses pembuatan video musiknya sendiri memakan waktu selama 5 hari dari pembuatan konsep, pengambilan gambar hingga editing.

Referensi musik apik dan segar untuk kalian yang berani mencoba hal baru. (Af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here