Foto dok. Diminish Perception

Grup pengusung death metal, Diminish Perception, secara resmi meluncurkan album penuh perdana mereka hari ini, Rabu (8/8). Album yang diberi tajuk Monarki tersebut merangkum 10 buah trek yang dirilis secara mandiri dalam format cakram padat. Sesuai judulnya, Monarki merupakan sistem pemerintahan yang dianut sebuah negara dimana kekuasaan tertinggi dipegang oleh seorang Raja/Ratu, yang mana juga berpontesi menciptakan pemerintahan yang otoriter. Diminish Perception menggunakan latar belakang ini sebagai landasan kritis yang diangkat kedalam materinya.

Tema tersebut kemudian diperkuat dengan nomor-nomor bernuansa tegas dan progresif. Sebut saja “Amunisick” yang mempresentasi pemusnahan kaum-kaum yang tertindas, “Kepulan Dosa” yang bercerita tentang ketakutan seseorang akan hal-hal buruk yang telah ia perbuat, serta “Penguasa Tahta” yang secara lantang menentang otoritarian. Di album ini, Diminish Perception juga banyak melibatkan nama-nama musisi, seniman hingga penyair diantaranya Usman Arrumy, Ken Kausar, Ulung P. Utomo, Danis (Trouble Maker) dll.

baca juga: “Penguasa Tahta”, Single Terbaru Grup Death Metal Diminish Perception Resmi Rilis

Diminish Perception – Monarki

“Kami tidak sedang bernostalgia dengan sistem Monarki yang kami tuangkan dalam album kami. Hanya membunyikan sebuah sirine tanda peringatan. Memang benar dalam sistem Monarki mungkin tidak buruk. Namun sampai berapa lama? Ketika Raja yang baik meninggal dunia dan digantikan putra mahkota yang lalim, bagaimana nasib rakyatnya?” tegas Bhima, gitaris Diminish Perception.

Tidak banyak band-band death metal yang mengangkat isu-isu sosial apalagi kritik terhadap sistem pemerintahan. Hingga kemudian, Monarki hadir memporak poranda zona nyaman penikmat genre musik yang satu ini. Sebagai grup musik yang tumbuh dan berkembang dalam komunitas bawah tanah ujung Kota Boyolali, tepatnya di Kemusu, mereka terus berusaha mengangkat eksistensi ranah musik mereka.

Dibentuk tahun 2012 silam, kini grup tersebut diperkuat dengan formasi Ega (Vokal), Bhima (Gitar), Amink (Bass), dan Bejoys pada drum. Meski bukan grup berasal dari ranah musik kota-kota besar, Diminish Perception sedikit banyak menorehkan prestasi. Diantaranya tampil sebagai band pembuka tur konser grup metal kawakan asal Polandia, Vader, pada tahun 2017, serta tampil dalam rangkaian tur grup rock legenda, Europe, beberapa waktu kemarin bersama God Bless. (Af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here