Pameran tunggal "Wajah Cinta?" oleh Agnes Zakaria berlangsung pada tanggal 13-15 Juni 2017 di Galeri Gallery.

Pelaku seni selalu memiliki cara untuk menyampaikan pesan dan perasaan yang mereka alami dalam berbagai media salah satunya lukisan. Seperti yang ada dalam pameran visual “Wajah Cinta?” yang diselenggarakan selama tiga hari di Galeri Gallery. Pameran tunggal yang digagas Agnes Zakaria sebagai proyek studinya ini menampilkan berbagai karya lukis yang menampilkan ekspresi cinta, kasih dan sayang sebagai respon manusia terhadap mimesis zaman. Dibuka pada Selasa (13/6) kemarin, pameran yang menampilkan delapan buah karya lukis serta sketsa bernuansa surealis ini mendapat apresiasi baik dari berbagai kalangan khususnya mahasiswa serta beberapa seniman Semarang dan luar kota.

Dalam pamerannya kali ini, Agnes memiliki maksud mengangkat potret dan ekspresi keterikatan seseorang terhadap orang lain baik secara individu maupun kelompok yang secara emosional dan psikologis bisa memicu rasa nyaman, kuat, percaya diri dan berbagai emosi lain yang bersifat positif dalam diri. Selebihnya, mengenai apa itu cinta, ia kembalikan kepada penikmat/apresiator yang sifatnya subyektif. Di akhir judul, Agnes sengaja membubuhkan tanda tanya (?) guna memberi garis linier mengenai pencarian akan pemahaman apa atau siapa cinta itu, dan bagaimana manusia terlibat.

Beberapa karya lukis Agnes Zakaria dalam pameran “Wajah Cinta?”.

“Pameran ini saya selenggarakan guna memenuhi tugas akhir sekaligus proyek studi. Tema yang saya angkat sebenarnya agak spontan, namun karya-karya yang ada di sini sudah saya siapkan sejak bulan November kemarin,” ujar Agnes. Mahasiswa jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini mengggunakan media kanvas serta arang (charcoal) dalam mengeksekusi karya dalam berbagai ukuran. Dalam karyanya, agnes terinspirasi dari pengalaman cinta yang ia peroleh di sekitar mulai dari keluarga hingga sahabat. Rencananya, setelah menggelar pameran tunggal Agnes berencana untuk kembali menggelar pameran dengan karya terbaru. “Untuk saat ini beberapa karya dalam pameran “Wajah Cinta?” akan saya ikut sertakan dalam kompetisi. Ada rencana untuk menggelar pameran lain tapi bersama kelompok,” lanjutnya. Turut dimeriahkan pula oleh penampilan musik dari Prosanada, Akar Sehat dan Vriza dalam sesi pembukaan pameran hari Selasa (13/6), serta agenda ngabuburit dan menggambar bersama hari Rabu (14/6) kemarin. (Af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here